Kegiatan Belajar 4
1. Pembaruan Pendidikan
a. Pembaruan Pendidikan
• Inovasi pembelajaran menurut Hamijoyo adalah perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan.
• Sedangkan menurut Ibrahim adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi yang dilakukan untuk memecahkan masalah pendidikan.
b. Pembaruan Pembelajaran
a) Kecenderungan Pembaruan
Pembaruan dalam pembelajaran erat kaitannya dengan teknologi pembelajaran. Teknologi pembelajaran sebagai salah satu teknologi dalam perubahan pendidikan atau pembelajaran.
b) Peralihan Paradigma
• Paradigma pengajaran
Paradigma pengajaran ini menekankan bahwa di dalam kelas gurulah yang sangat penting. Target pengajaran adalah guru telah menyelesaikan program pengajarannya.
• Paradigma pembelajaran
Pada paradigma ini, tujuan pembelajaran di arahkan pada 3 ranah yaitu:
o Ranah kognitif
o Ranah afektif
o Ranah psikomotorik
Jika disimpulkan maka ciri paradigma ini meliputi:
PBM dirancang untuk kepentingan peserta didik
Penerapan teori pendekatan system untuk design pembelajaran
Perkembangan teori belajar dari berbagai sudut pandang tidak hanya dari aliarn behavioristik saja.
Pemanfaatan media pembelajaran
Penilaian berdasarkan penilaian acuan patokan.
• Paradigma belajar
Ciri-ciri paradigm ini:
o Proses belajar menggunakan konsep belajar mandiri
o Paradigma ini menggunakan pula media telekomunikasi sebagai saluran.
o Evaluasi belajar berorientasi pada pengembangan potensi individu sebagai portofolio
c. Model Pembaruan Pembelajaran
1) Teori pembelajaran: antara konstruktivisme dan objektivisme
2) Design pembelajaran
3) Media pembelajaran dan strategi pembelajaran
4) Evaluasi belajar
d. Peran Guru
Guru berguna perancang atau fasilitator belajar, bahkan dalam paradigm baru para guru adalah manajer bagi peserta didik.
2. Fenomena di Indonesia
A. Pergantian = Pembaruan atau perubahan?
B. Pembauran pembaruan dan perubahan
o Universitas terbuka sebagai perubahan
a. Agen Perubahan
b. Infrastruktur
o Universitas terbuka sebagai Pembaruan
a. Proses belajar
b. Peran Guru
o Bahan Ajar
C. Pergantian di bidang Pendidikan: KBK dan Modul
a. Kurikulum Berbasis Kompetensi
o Alasan penerapan KBK
o Perkembangan KBK
o Tujuan penerapan KBK untuk Pembelajaran
o Perbedaan format Kurikulum 1994 dan KBK
o Strategi penyusunan KBK
b. Modul
o Persepsi modul di Indonesia
o Pengertian modul
o Struktur / format modul
o Konsep dasar
o Manfaat dan keterbatasan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar